Subhanallah, Terukir Lafadz Nabi Muhammad SAW di Gunung Uhud

loading...
AGENDA PESANTREN - Jabal Uhud adalah gunung yang sangat mencintai dan dicintai Nabi Muhammad SAW. Uhud, yang berarti 'penyendiri', setiap tahun diziarahi Nabi. Kebiasaan ini kemudian diteruskan oleh para Khalifah setelah Nabi wafat. Kini Jabal Uhud menjadi salah satu tujuan utama ziarah para jemaah haji dan umrah.

Uhud memiliki sejumlah keutamaan. Maka wajar saja jika para jemaah selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke sini. Salah satu keutamaan Gunung Uhud pernah diriwayatkan dalam sebuah hadits.

Anas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad pernah memandang ke Uhud sambil berkata:

"Sesungguhnya Uhud adalah gunung yang sangat mencintai kita, dan kita pun mencintainya," .

Di kawasan gunung ini jemaah antara lain dapat berziarah ke kompleks makam para syuhada, yang di dalamnya ada makam Sayidina Hamzah.



Menariknya, jasad Hamzah yang dimakamkan di sini dikabarkan tetap utuh, abadi dan tidak hancur dimakan tanah.

Selain makam syuhada, tempat bersejarah lain yang ada di kawasan ini adalah Masjid Al-Fash. Di masjid ini Nabi pernah salat zuhur setelah Perang Uhud selesai.


Lokasi Jabal Uhud berjarak 4 kilometer dari Masjid Nabawi dan gunung ini termasuk yang terbesar di Madinah. Uhud memiliki keliling 19 km dan tinggi 1 km dari permukaan air laut atau 300 m dari permukaan tanah.

Umat Islam cukup mengenal nama Uhud karena di lembah gunung inilah pernah terjadi perang besar antara umat Islam dan tentara Quraisy. Perang yang terjadi pada 15 Syawal 3 Hijrah atau Maret 625 Masehi itu terkenal dengan nama Perang Uhud.


Dalam riwayat dari Anas bin Malik dinyatakan bahwaketika Rasulullah menaik gunung Uhud bersama Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin al-Khatab, gunung tersebut bergetar dan bergoyang. Rasulullah kemudian menghentikan kaki beliau seraya berkata, “Diamlah wahai Uhud, bukanlah siapa-siapa kecuali seorang Nabi dan bergelar dapat dipercaya serta kedua pejuang Syuhada.”
loading...

0 Response to "Subhanallah, Terukir Lafadz Nabi Muhammad SAW di Gunung Uhud"

Posting Komentar